Kegiatan asesmen vokasional bagi peserta didik baru jenjang SMPLB dan SMALB dengan mewawancarai orang tua/wali murid terkait keterampilan vokasi yang akan diampu oleh anak-anaknya dengan melihat kebiasaan, hobi atau bakat yang menonjol ketika anak di rumah (di luar sekolah).
Sebelumnya, tim asesmen telah mewawancarai wali kelas masing-masing yang sedikit banyak mengetahui peserta didiknya lebih condong ke keterampilan yang mana sehingga nantinya dengan mempertimbangkan hasil wawancara dengan wali kelas dan orang tua akan didapatkan hasil asesmen vokasional peserta didik untuk kemudian digali potensinya lebih dalam oleh masing-masing guru keterampilan.
Kegiatan ini sekaligus untuk mengevaluasi apabila terdapat peserta didik lama yang kurang cocok berada di keterampilan sebelumnya untuk diganti ke keterampilan lain melalui beberapa pertimbangan sehingga ke depannya tidak ada tumpang tindih antara harapan orang tua dengan kemampuan peserta didik.
Sebelumnya, tim asesmen telah mewawancarai wali kelas masing-masing yang sedikit banyak mengetahui peserta didiknya lebih condong ke keterampilan yang mana sehingga nantinya dengan mempertimbangkan hasil wawancara dengan wali kelas dan orang tua akan didapatkan hasil asesmen vokasional peserta didik untuk kemudian digali potensinya lebih dalam oleh masing-masing guru keterampilan.
Kegiatan ini sekaligus untuk mengevaluasi apabila terdapat peserta didik lama yang kurang cocok berada di keterampilan sebelumnya untuk diganti ke keterampilan lain melalui beberapa pertimbangan sehingga ke depannya tidak ada tumpang tindih antara harapan orang tua dengan kemampuan peserta didik.