Pembangunan Toilet Berkesetaraan Gender dan Inklusif

Pemberian bantuan dari Yayasan Plan Internasional Indonesia kepada SLB Negeri 1 Sumbawa sudah bukan yang pertama kalinya. Pada awal Desember 2020 lalu, YPII menawarkan kerjasama untuk membangun/merenovasi toilet ramah disabilitas. Dengan membawa site plan beserta RAB yang lengkap, toilet siap untuk dibangun. Meskipun terdapat beberapa perubahan dari rencana awal namun semuanya dapat teratasi dan berjalan dengan baik. Pembangunan toilet ini melalui beberapa tahap, tahap yang pertama adalah Yayasan Plan Indonesia berkunjung ke sekolah untuk men-survey lokasi guna menentukan tempat yang strategis untuk membangun/merenovasi toilet. Setelah melalui berbagai konsekuensi dan pertimbangan, rencananya toilet akan dibangun disebelah mushollah yaitu di bagian belakang sekolah dikarenakan di halaman depan sekolah sudah ada 2 toilet ramah disabilitas.

Tahap berikutnya adalah action. Pembangunan toilet dimulai sejak awal Desember 2020 hingga akhir Januari 2021. Kami melaporkan setiap proses yang terjadi selama pembangunan toilet, ada beberapa koreksi dan penambahan yang terjadi diduga akibat adanya miskomunikasi antar personal namun semua itu dapat diselesaikan dengan baik. 

Setelah melalui berbagai proses, pembangunan toilet dapat terselesaikan pada akhir Januari 2021. Perbedaan toilet ini dengan toilet pada umumnya adalah terdapat hand railing di bagian dalam toilet yang berguna untuk memudahkan penyandang tunanetra menyelusuri dan menemukan letak closet. Selain itu terdapat guiding block yang berguna untuk mengarahkan penyandang tunanetra sampai pada tujuan yang diinginkan (toilet) dikarenakan tekstur keramik yang didesain khusus tunanetra. Di depan toilet terdapat wastafel yang dapat digunakan untuk mencuci tangan setelah keluar toilet. Jalur menuju toilet juga telah disesuaikan bagi pengguna kursi roda sehingga dapat ke toilet dengan mandiri tanpa bantuan orang lain.

Tahap yang terakhir adalah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban pembangunan toilet berkesetaraan gender dan inklusif. Semoga toilet ini dapat bermanfaat terutama bagi siswa berkebutuhan khusus dengan harapan kebutuhan mereka dapat terpenuhi sekaligus sebagai media pembelajaran guru dalam mengajarkan toilet training. Terima kasih Yayasan Plan Indonesia, salam Aksesibel !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.